Profil | Pelayanan | Kontak
Pelaksanaan Program BIAN Puskesmas Anak Setatah Tahun 2022

pkmanaksetatah
Minggu, 29 Mei 2022 09:21 WIB | dilihat: 659 kali
Foto: Penyuntikan imunisasi oleh petugas puskesmas anak setatah

Bulan Imunisasi Nasional (BIAN) adalah kegiatan pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubela dan pemberian imunisasi pada anak yang belum mendapatkan imunisasi lengkap.

Berdasarkan data beberapa tahun terakhir menunjukan terjadinya penurunan cakupan imunisasi rutin, baik itu imunisasi dasr maupun imunisasi lanjutan, yang cukup signifikan. Berdasarkan data Kemenkes, terdapat 1,7 juta anak Indonesia belum mendapatkan imunisasi dasar lengkap selama pandemi COVID-19.

Terbanyak di Jawa Barat, disusul Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat dan DKI Jakarta. Untuk itu, pemberian imunisasi rutin pada anak sangatlah penting.

Tempat pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional ini adalah Posyandu, Puskesmas, Sekolah/Pesantren dan fasyankes lainnya. Sasaran pelaksanaan BIAN adalah:

1. Imunisasi Tambahan Campak Rubela diberikan untuk anak umur 9 bulan s/d kurang dari 12 tahun.

2. Melengkapi imunisasi Polio dan DPT - HB - Hib bagi anak umur 12 s/d 59 bulan.

Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di wilayah kerja UPT Puskesmas Anak Setatah Kecamatan Rangsang Barat, sudah mulai dilakukan sosialisasi baik dengan lintas sector maupun kepada sasaran sejak pertengahan Mei 2022.

Sementara pelaksanaan imunisasi sudah dilakukan sejak tanggal 25 Mei 2022 di SDN 08 Bantar, Kecamatan Rangsang Barat. Pelaksanaan dimulai dilakukan oleh beberapa petugas Kesehatan berjalan dengan lancar dan mendapat dukungan dari orang tua serta guru. *



Connect With Us





Copyright © PKM Anak Setatah
All right reserved