Profil | Pelayanan | Kontak
Klarifikasi Puskesmas Anak Setatah Terkait Peristiwa Viral di Media Sosial

Tim PKM ASET
Minggu, 14 Jul 2024 08:46 WIB | dilihat: 449 kali
Foto: Keluhan pasien di media sosial

ANAK SETATAH, RANGSANG BARAT - Menanggapi pemberitaan yang beredar di media sosial terkait keluhan orang tua pasien mengenai pelayanan di UGD Puskesmas Anak Setatah, kami dari pihak puskesmas ingin memberikan klarifikasi sebagai berikut:

Pada hari Sabtu, tanggal 14 Juli 2024, sekitar jam 17.00 WIB, datang tiga orang berkunjung ke UGD Puskesmas Anak Setatah. Mereka terdiri dari dua orang perempuan dewasa dan satu orang anak laki-laki berusia sekitar 2-3 tahun. Pasien tersebut disambut oleh perawat A. Perawat A kemudian menanyakan kondisi anak, dan ibu dari anak tersebut menjelaskan bahwa anaknya telah batuk selama beberapa hari dan telah diberi obat namun kondisinya belum membaik.

Saat itu, kondisi anak terlihat baik, bisa berjalan, dan tidak menunjukkan gejala kegawatdaruratan. Berdasarkan observasi tersebut, perawat A menjelaskan bahwa untuk penyakit yang tidak dalam kondisi gawat darurat, sebaiknya berobat pada pagi hari. Namun, keluarga pasien tetap menanyakan apakah anak mereka bisa mendapatkan pengobatan saat itu juga.

Perawat A kemudian memutuskan untuk memanggilkan dokter. Namun, saat itu dokter sedang ada kegiatan lain dan mengingat kondisi pasien yang tidak dalam keadaan gawat darurat, perawat A menyarankan agar keluarga pasien datang kembali pada hari Senin sambil menghabiskan obat yang sudah ada.

Kami sangat memahami kekecewaan keluarga pasien. Namun, kami ingin menjelaskan bahwa langkah yang diambil perawat A adalah sesuai dengan prosedur yang berlaku, terutama mengingat kondisi anak yang tidak dalam keadaan darurat. Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pasien dan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kami.

Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan layanan UGD pada situasi yang benar-benar darurat. Untuk kondisi yang tidak darurat, pelayanan pada jam kerja reguler akan memastikan penanganan yang lebih optimal.

Jika ada keluhan terhadap layanan Puskesmas Anak Setatah, silahkan isi formulir pengaduan online melalui link berikut ini: https://pkmanaksetatah.merantikab.go.id/formulir-pengaduan

Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan berterima kasih atas pengertian serta dukungan dari seluruh masyarakat. Puskesmas Anak Setatah selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi semua pasien.

Hormat kami,

Manajemen Puskesmas Anak Setatah



Connect With Us





Copyright © PKM Anak Setatah
All right reserved